Kebijakan Pemrosesan Data Pribadi

1. Ketentuan Umum. Kebijakan pemrosesan data pribadi ini disusun berdasarkan persyaratan dalam Undang-Undang Federal tanggal 27 Juli 2006 No. 152-FZ tentang “Data Pribadi” (selanjutnya disebut Undang-Undang Data Pribadi) serta menentukan prosedur pemrosesan data pribadi dan langkah-langkah untuk menjamin keamanan data pribadi yang diambil oleh Felix Demin (selanjutnya disebut Operator).
1.1. Operator menetapkan tujuan dan ketentuan yang terpenting dalam pelaksanaan kegiatannya adalah untuk menghormati hak asasi dan kebebasan manusia saat memproses data pribadi mereka, termasuk perlindungan hak atas privasi serta rahasia pribadi dan keluarga.
1.2. Kebijakan Operator mengenai pemrosesan data pribadi ini (selanjutnya disebut Kebijakan) berlaku untuk semua informasi yang dapat diambil oleh Operator dari pengunjung situs web https://bali-investments.com.

2. Konsep dasar yang digunakan dalam Kebijakan
2.1. Pemrosesan otomatis data pribadi – pemrosesan data pribadi menggunakan teknologi komputer.
2.2. Pemblokiran data pribadi – penghentian sementara pemrosesan data pribadi (terkecuali jika pemrosesan diperlukan untuk mengklarifikasi data pribadi).
2.3. Situs web – kumpulan materi grafis dan informasi, serta program komputer dan basis data yang memastikan ketersediaannya di Internet pada alamat jaringan https://bali-investments.com.
2.4. Sistem informasi data pribadi – kumpulan data pribadi yang terdapat di dalam basis data, serta teknologi informasi dan sarana teknis yang memastikan pemrosesannya.
2.5. Depersonalisasi data pribadi – tindakan-tindakan yang menyebabkan ketidakmungkinan untuk menentukan identitas data pribadi Pengguna tertentu atau subjek data pribadi lainnya tanpa menggunakan informasi tambahan.
2.6. Pemrosesan data pribadi – setiap tindakan (kegiatan) atau serangkaian tindakan (kegiatan) atas data pribadi yang dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat otomatisasi, termasuk pengambilan, perekaman, sistematisasi, akumulasi, penyimpanan, klarifikasi (pembaruan, perubahan), ekstraksi, penggunaan, pemindahan (distribusi, penyediaan, pengaksesan), depersonalisasi, pemblokiran, penghapusan, pemusnahan data pribadi.
2.7. Operator – lembaga nasional, institusi daerah, badan hukum, atau individu yang secara mandiri atau bersama-sama dengan pihak lain mengatur dan (atau) melakukan pemrosesan data pribadi, serta menentukan tujuan pemrosesan data pribadi, komposisi data pribadi yang akan diproses, tindakan (kegiatan) yang dilakukan atas data pribadi.
2.8. Data pribadi – setiap informasi yang terkait langsung atau tidak langsung dengan Pengguna situs web https://bali-investments.com tertentu atau yang dapat diidentifikasi.
2.9. Data pribadi yang diotorisasi oleh subjek data pribadi untuk tujuan distribusi – data pribadi, akses yang diberikan oleh subjek data pribadi kepada orang lain yang tidak terbatas jumlahnya dengan memberikan persetujuan untuk memproses data pribadi yang diotorisasi oleh subjek data pribadi untuk tujuan distribusi berdasarkan prosedur yang diatur oleh Undang-Undang tentang Data Pribadi (selanjutnya disebut data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi).
2.10. Pengguna – setiap pengunjung situs web https://bali-investments.com.
2.11. Penyediaan data pribadi – tindakan-tindakan yang bertujuan untuk membeberkan data pribadi kepada orang tertentu atau kumpulan orang tertentu.
2.12. Penyebaran data pribadi – setiap tindakan yang bertujuan untuk membeberkan data pribadi kepada orang lain yang tidak terbatas jumlahnya (pemindahan data pribadi) atau untuk memperkenalkan data pribadi tersebut kepada orang lain yang tidak terbatas jumlahnya, termasuk publikasi data pribadi di media massa, posting-an di jaringan informasi dan telekomunikasi, atau penyediaan akses ke data pribadi dengan cara lain.
2.13. Pemindahan data pribadi lintas batas – pemindahan data pribadi ke wilayah negara asing di bawah otoritas negara asing, orang asing, atau badan hukum asing.
2.14. Pemusnahan data pribadi – setiap tindakan yang menyebabkan musnahnya data pribadi secara permanen dimana isi data pribadi di dalam sistem informasi data pribadi tidak dapat dipulihkan di kemudian hari dan (atau) induk materi data pribadi dimusnahkan.

3. Hak dan kewajiban dasar Operator
3.1. Operator berhak untuk:
- menerima informasi dan/atau dokumen terpercaya yang berisi data pribadi dari subjek data pribadi;
- jika subjek data pribadi membatalkan persetujuannya untuk pemrosesan data pribadi, Operator berhak untuk melanjutkan pemrosesan data pribadi tanpa persetujuan subjek data pribadi jika berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Data Pribadi;
- secara mandiri menentukan komposisi dan daftar langkah-langkah yang dianggap perlu dan cukup untuk memastikan pemenuhan kewajiban yang tercantum dalam Undang-Undang Data Pribadi beserta tindakan-tindakan hukum peraturan perundangan yang diterapkan berdasarkan undang-undang tersebut, kecuali ditentukan lain dalam Undang-Undang Data Pribadi atau undang-undang federal lainnya.
3.2. Operator wajib untuk:
- memberikan informasi mengenai pemrosesan data pribadi jika diminta oleh subjek data pribadi;
- mengatur pemrosesan data pribadi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam undang-undang Federasi Rusia saat ini;
- menanggapi permintaan subjek data pribadi dan perwakilan hukumnya sesuai dengan persyaratan Undang-Undang Data Pribadi;
- menyediakan informasi yang diperlukan oleh pihak yang berwenang untuk melindungi hak-hak subjek data pribadi atas permintaan badan tersebut dalam waktu 30 hari sejak tanggal diterimanya permintaan tersebut;
- mempublikasikan atau dengan cara lain memberikan akses tidak terbatas atas Kebijakan terkait pemrosesan data pribadi ini;
- mengambil langkah-langkah hukum, organisasional, dan teknis untuk melindungi data pribadi dari akses, pemusnahan, modifikasi, pemblokiran, penyalinan, penyediaan, distribusi, dan tindakan ilegal lainnya yang tidak diotorisasi atau tidak disengaja berkaitan dengan data pribadi;
- menghentikan pemindahan (distribusi, penyediaan, akses) data pribadi, menghentikan pemrosesan, dan memusnahkan data pribadi dengan cara dan perkara yang diatur dalam Undang-Undang Data Pribadi;
- melaksanakan kewajiban-kewajiban lain yang diatur dalam Undang-Undang Data Pribadi.

4. Hak dan kewajiban dasar subjek data pribadi
4.1. Subjek data pribadi berhak untuk:
- menerima informasi mengenai pemrosesan data pribadinya, kecuali terkait hal-hal yang diatur dalam undang-undang federal. Informasi tersebut diberikan kepada subjek data pribadi oleh Operator dalam bentuk yang dapat diakses, dan tidak boleh berisi data pribadi yang terkait dengan subjek data pribadi lainnya, terkecuali untuk kasus-kasus dengan dasar hukum pembeberan data pribadi tersebut. Daftar informasi dan tata cara perolehannya ditetapkan dalam Undang-Undang Data Pribadi;
- meminta Operator untuk mengklarifikasi, memblokir, atau memusnahkan data pribadinya, jika data pribadi tersebut tidak lengkap, sudah tidak berlaku, tidak akurat, diperoleh dengan cara ilegal, atau tidak diperlukan untuk tujuan pemrosesan yang disebutkan, serta untuk mengambil tindakan hukum untuk melindungi hak-haknya;
- mengajukan syarat persetujuan awal dalam pemrosesan data pribadi untuk tujuan mempromosikan barang, karya, dan jasa ke pangsa pasar;
- membatalkan persetujuan pemrosesan data pribadi;
- mengajukan banding ke pihak yang berwenang mengenai perlindungan hak-hak data pribadi atau ke pengadilan atas tindakan ilegal atau tidak adanya tindakan dari Operator dalam pemrosesan data pribadi;
- menerapkan hak-hak lain yang diatur dalam undang-undang Federasi Rusia.
4.2. Subjek data pribadi wajib untuk:
- memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai dirinya sendiri kepada Operator;
- menginformasikan Operator mengenai klarifikasi (pembaruan, perubahan) data pribadinya.
4.3. Pihak-pihak yang memberikan informasi palsu mengenai dirinya sendiri atau informasi mengenai subjek data pribadi lain kepada Operator tanpa persetujuan yang subjek lain tersebut dapat dikenakan sanksi undang-undang Federasi Rusia.

5. Operator dapat memproses data pribadi Pengguna berikut:
5.1. Nama belakang, nama depan, nama keluarga.
5.2. Alamat email.
5.3. Nomor telepon.
5.4. Pengumpulan dan pemrosesan data anonim pengunjung (termasuk cookie) menggunakan statistik Internet (Metrik Yandex dan Google Analytics dan lainnya) juga dilakukan di situs web.
5.5. Data tersebut di atas selanjutnya digabung menjadi konsep umum Data Pribadi jika disebutkan di dalam Kebijakan ini.
5.6. Operator tidak memproses kategori-kategori khusus dari data pribadi yang terkait dengan ras, kebangsaan, pandangan politik, agama, atau kepercayaan filosofis, atau kehidupan intim.
5.7. Pemrosesan data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi, dari kategori-kategori khusus data pribadi sebagaimana disebutkan dalam Bagian 1 Pasal 10 Undang-Undang Data Pribadi, diperbolehkan jika sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang diatur dalam Pasal 10.1 Undang-Undang Data Pribadi.
5.8. Persetujuan Pengguna untuk pemrosesan data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi dikeluarkan secara terpisah dari persetujuan pemrosesan data pribadi untuk tujuan lainnya. Secara bersamaan, syarat-syarat yang ditentukan, khususnya dalam Pasal 10.1 Undang-Undang Data Pribadi, harus dipenuhi. Persyaratan untuk isi persetujuan tersebut ditetapkan oleh pihak yang berwenang untuk melindungi hak-hak subjek data pribadi.
5.8.1 Pengguna memberikan izin kepada Operator untuk memproses data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi secara langsung.
5.8.2 Operator berkewajiban untuk mempublikasikan informasi mengenai ketentuan pemrosesan data, eksistensi peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan pemrosesan data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi oleh orang lain yang tidak terbatas jumlahnya dalam waktu tiga hari kerja sejak tanggal diterimanya persetujuan Pengguna tersebut.
5.8.3 Pemindahan (distribusi, penyediaan, akses) data pribadi yang dengan otorisasi subjek data pribadi untuk tujuan distribusi harus dihentikan setiap saat diminta oleh subjek data pribadi. Permintaan ini harus berisi nama keluarga, nama depan, nama keluarga (jika ada), informasi kontak (nomor telepon, alamat email, atau alamat pos) subjek data pribadi, serta daftar data pribadi yang pemrosesannya akan dihentikan. Data pribadi yang disebutkan dalam permintaan ini hanya dapat diproses oleh Operator yang kepadanya permintaan tersebut dikirimkan.
5.8.4 Persetujuan pemrosesan data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi batal setelah Operator menerima permintaan yang dinyatakan dalam klausul 5.8.3 Kebijakan mengenai pemrosesan data pribadi ini.

6. Prinsip pemrosesan data pribadi
6.1. Pemrosesan data pribadi dilakukan atas dasar hukum dan keadilan.
6.2. Pemrosesan data pribadi terbatas pada pencapaian tujuan tertentu yang sah dan telah dinyatakan sebelumnya. Pemrosesan data pribadi yang tidak sesuai dengan tujuan pengumpulan data pribadi tidak diperbolehkan.
6.3. Penggabungan basis data berisi data pribadi yang diproses untuk tujuan yang tidak sesuai satu sama lain tidak diperbolehkan.
6.4. Hanya data pribadi yang memenuhi tujuan pemrosesannya yang dapat diproses.
6.5. Isi dan ruang lingkup data pribadi yang diproses harus sesuai dengan tujuan pemrosesan yang dinyatakan. Redundansi data pribadi yang diproses sehubungan dengan tujuan pemrosesan yang dinyatakan tidak diperbolehkan.
6.6. Dalam pemrosesan data pribadi, keakuratan, kecukupan, dan jika perlu, relevansinya dengan tujuan pemrosesan data pribadi dipastikan. Operator mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan/atau memastikan bahwa langkah-langkah tersebut diambil untuk menghapus atau mengklarifikasi data yang tidak lengkap atau tidak akurat.
6.7. Penyimpanan data pribadi dilakukan dalam bentuk dimana identifikasi subjek data pribadi dapat dilakukan, tidak melebihi jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi tujuan pemrosesan data pribadi, kecuali jika jangka waktu penyimpanan data pribadi tersebut ditetapkan dalam undang-undang federal atau perjanjian dimana subjek data pribadi merupakan pihak yang terlibat, penerima manfaat, atau penjamin. Data pribadi yang diproses dimusnahkan atau didepersonalisasi saat tujuan pemrosesan data telah tercapai atau saat data tersebut tidak lagi diperlukan untuk mencapai tujuan ini, kecuali ditentukan lain dalam undang-undang federal.

7. Tujuan pemrosesan data pribadi
7.1. Tujuan pemrosesan data pribadi Pengguna:
- mengirimkan informasi kepada Pengguna melalui email;
- memberikan informasi kepada Pengguna melalui panggilan telepon.
7.2. Operator juga berhak mengirimkan pemberitahuan kepada Pengguna mengenai produk dan layanan baru, penawaran khusus, serta bermacam-macam acara. Pengguna selalu dapat menolak untuk menerima pesan informasi dengan mengirimkan email ke Operator di alamat deminfelix@gmail.com dengan judul “Opt-out of notification about new products and services and special deals”. (“Penonaktifan pemberitahuan produk, jasa, dan penawaran baru”)
7.3. Data Pengguna yang telah didepersonalisasi yang dikumpulkan melalui layanan statistik Internet digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai kegiatan Pengguna di situs web serta untuk meningkatkan kualitas situs web dan kontennya.

8. Dasar hukum pemrosesan data pribadi
8.1. Dasar hukum pemrosesan data pribadi oleh Operator adalah:
- dokumen-dokumen legal (konstituen) Operator;
- undang-undang federal dan tindakan hukum peraturan perundangan lainnya dalam bidang perlindungan data pribadi;
- persetujuan pengguna untuk pemrosesan data pribadinya, sampai ke pemrosesan data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi.
8.2. Operator memproses data pribadi Pengguna hanya jika diisi dan/atau dikirim oleh Pengguna secara mandiri melalui formulir khusus yang terdapat di situs web https://bali-investments.com atau dikirimkan kepada Operator melalui email. Dengan mengisi formulir terkait dan/atau mengirimkan data pribadinya kepada Operator, Pengguna menyetujui Kebijakan ini.
8.3. Operator memproses data depersonalisasi Pengguna jika diizinkan dalam pengaturan browser Pengguna (penyimpanan cookie dan penggunaan teknologi JavaScript diaktifkan).
8.4. Subjek data pribadi secara mandiri membuat keputusan tentang penyediaan data pribadinya dan bebas memberikan persetujuan atas kehendaknya sendiri, dan untuk kepentingannya sendiri.

9. Persyaratan pemrosesan data pribadi
9.1. Pemrosesan data pribadi dilakukan dengan persetujuan dari subjek data pribadi atas pemrosesan data pribadinya.
9.2. Pemrosesan data pribadi diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan dalam perjanjian internasional Federasi Rusia atau undang-undang, untuk menjalankan fungsi, wewenang, dan kewajiban yang diberikan kepada Operator oleh undang-undang Federasi Rusia.
9.3. Pemrosesan data pribadi diperlukan untuk administrasi peradilan, pelaksanaan tindakan peradilan, atau tindakan institusi atau pejabat lain yang tunduk pada eksekusi berdasarkan undang-undang Federasi Rusia tentang proses penegakan hukum.
9.4. Pemrosesan data pribadi diperlukan untuk pelaksanaan kontrak dimana subjek data pribadi merupakan pihak yang terlibat atau penerima manfaat atau penjamin, serta untuk pengakhiran kontrak atas inisiatif subjek data pribadi atau kontrak dimana subjek data pribadi merupakan penerima manfaat atau penjamin.
9.5. Pemrosesan data pribadi diperlukan untuk menerapkan hak dan kepentingan sah Operator atau pihak ketiga, atau untuk pencapaian tujuan yang signifikan secara sosial, selama hak dan kebebasan subjek data pribadi tidak dilanggar.
9.6. Operator memproses data pribadi dengan akses yang diberikan oleh subjek data pribadi atau atas permintaannya kepada orang lain yang tidak terbatas jumlahnya (selanjutnya disebut data pribadi yang tersedia untuk umum).
9.7. Data pribadi yang tunduk pada ketentuan publikasi atau pembeberan wajib sesuai dengan undang-undang federal akan diproses.

10. Prosedur pengumpulan, penyimpanan, pemindahan, dan jenis pemrosesan data pribadi lainnya. Keamanan data pribadi yang diproses oleh Operator dipastikan dengan menerapkan langkah-langkah hukum, organisasional, dan teknis yang diperlukan untuk mematuhi persyaratan undang-undang yang berlaku di bidang perlindungan data pribadi dengan sepenuhnya.
10.1. Operator menjamin keamanan data pribadi dan mengambil semua kemungkinan tindakan untuk mencegah akses ke data pribadi oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
10.2. Data pribadi Pengguna tidak akan pernah, dalam situasi apa pun, dipindahkan ke pihak ketiga, terkecuali dalam kasus-kasus yang terkait dengan penerapan undang-undang yang berlaku atau jika subjek data pribadi telah memberikan persetujuan kepada Operator untuk memindahkan data ke pihak ketiga untuk pelaksanaan kewajiban yang diatur dalam kontrak sipil.
10.3. Jika terdapat ketidakakuratan data pribadi, Pengguna dapat memperbaruinya secara mandiri dengan mengirimkan pemberitahuan kepada Operator di alamat email Operator deminfelix@gmail.com dengan judul “Updating of personal data”. (“Pembaruan data pribadi”)
10.4. Jangka waktu pemrosesan data pribadi ditentukan oleh pencapaian tujuan pengumpulan data pribadi, kecuali dinyatakan lain dalam kontrak atau undang-undang yang berlaku.
Pengguna dapat membatalkan persetujuannya dalam pemrosesan data pribadi setiap saat dengan mengirimkan pemberitahuan kepada Operator melalui email ke alamat email Operator deminfelix@gmail.com dengan judul "Withdrawal of consent to the processing of personal data". (“Pembatalan persetujuan pemrosesan data pribadi”)
10.5. Semua informasi yang dikumpulkan melalui layanan pihak ketiga, termasuk sistem pembayaran, sarana komunikasi, dan penyedia layanan lainnya, disimpan dan diproses oleh pihak-pihak tersebut (Operator) sesuai dengan Perjanjian Pengguna dan Kebijakan Privasi masing-masing. Subjek data pribadi dan/atau Pengguna berkewajiban untuk mempelajari dokumen-dokumen tersebut sesuai waktunya. Operator tidak bertanggung jawab atas tindakan pihak ketiga, termasuk penyedia layanan yang disebutkan dalam paragraf ini.
10.6. Ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh subjek data pribadi dalam hal pemindahan (terkecuali pemberian akses), serta pemrosesan atau syarat-syarat pemrosesan (terkecuali pemberian akses) data pribadi yang diperbolehkan untuk tujuan distribusi, tidak berlaku dalam hal pemrosesan data pribadi dengan kepentingan nasional, publik, atau lainnya yang diatur dalam undang-undang Federasi Rusia.
10.7. Operator menjamin kerahasiaan data pribadi saat memproses data pribadi.
10.8. Penyimpanan data pribadi dilakukan dalam bentuk dimana identifikasi subjek data pribadi dapat dilakukan, tidak melebihi jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi tujuan pemrosesan data pribadi, kecuali jika jangka waktu penyimpanan data pribadi tersebut ditetapkan dalam undang-undang federal atau perjanjian dimana subjek data pribadi merupakan pihak yang terlibat, penerima manfaat, atau penjamin.
10.9. Syarat pemberhentian pemrosesan data pribadi dapat berupa tercapainya tujuan pemrosesan data pribadi, berakhirnya persetujuan subjek data pribadi, atau pembatalan persetujuan oleh subjek data pribadi, serta terdeteksinya cara ilegal dalam pemrosesan data pribadi.

11. Daftar tindakan Operator atas data pribadi yang diterima
11.1. Operator mengumpulkan, mencatat, mensistematisasi, mengakumulasi, menyimpan, mengklarifikasi (memperbarui, mengubah), mengekstrak, menggunakan, memindahkan (mendistribusikan, menyediakan, mengakses), mendepersonalisasi, memblokir, menghapus, dan memusnahkan data pribadi.
11.2. Operator memproses data pribadi secara otomatis dengan atau tanpa menerima dan/atau mentransmisikan informasi yang diterima melalui jaringan informasi dan telekomunikasi.

12. Pemindahan data pribadi lintas batas
12.1. Sebelum pemindahan data pribadi lintas batas dimulai, Operator wajib memastikan bahwa negara asing tempat pemindahan data pribadi seharusnya dilakukan memberikan perlindungan yang terpercaya terhadap hak-hak subjek data pribadi.
12.2. Pemindahan data pribadi lintas batas di wilayah negara asing yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas hanya dapat dilakukan jika subjek data pribadi telah memberikan persetujuan tertulis atas pemindahan data pribadinya secara lintas batas dan/atau pelaksanaan kontrak dimana subjek data pribadi merupakan salah satu pihak yang terlibat.

13. Kerahasiaan data pribadi. Operator dan pihak lain yang telah memperoleh akses ke data pribadi berkewajiban untuk tidak membeberkan atau mendistribusikan data pribadi kepada pihak ketiga tanpa persetujuan dari subjek data pribadi, kecuali ditentukan lain dalam undang-undang federal.

14. Ketentuan penutup
14.1. Pengguna dapat memperoleh klarifikasi apa pun mengenai masalah yang terkait dengan pemrosesan data pribadinya dengan menghubungi Operator melalui email deminfelix@gmail.com.
14.2. Dokumen ini akan mencerminkan setiap perubahan pada kebijakan pemrosesan data pribadi Operator. Kebijakan ini berlaku tanpa batas waktu hingga diganti dengan versi yang baru.
14.3. Versi Kebijakan yang berlaku saat ini tersedia online secara gratis di https://bali-investments.com/policy.